Tumor Marker (Petanda Tumor)

Apa yang berkecamuk di kepala anda ketika mendengar kata tumor ? Penyakit yang belum ada obatnya ? Benjolan besar dan menakutkan ? Tidak bisa di cegah dan tiba-tiba sudah parah ? Sebagian mungkin benar, tapi saat ini dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kedokteran, banyak hal telah diketahui dan dipecahkan. Mungkin anda pernah mendengar nama Rima Melati yang berhasil sembuh dari kanker payudara atau Titik Puspa yang baarusaja semuh dari kanker serviks, itu menandakan bahwa kanker saat ini telah mampu disembuhkan, tapi ada satu kunci untuk dapat melakukannya, yaitu deteksi dini.
Deteksi dini ini sangat tergantung kepada jenis tumor yang ada, tapi pada prinsipnya adalah dengan berhati-hati terhadap semua keluhan, melakukan self detection, pemeriksaan fisik oleh tenaga medis, hingga pemeriksaan penunjang baik laboratorium maupun radiologis. Keluhan yang diwaspadai misalnya berak darah tidak sembuh-sembuh padahal tidak ada riwayat menderita ambeien, atau perdarahan berulang setelah berhubungan dengan pasangan adalah salah satu keluhan paling sering yang dikeluhkan pasien kanker usus dan kanker leher rahim.
Self detection juga penting, misalnya apabila ada riwayat keluarga dengan kanker, maka perempuan di keluarga tersebut disarankan untuk melakuka SADARI yaitu periksa payudara sendiri. Harapannya dengan melakukan SADARI ini, apabila ditemukan kelainan baik benjolan maupun lainnya dapat segera dilakukan penanganan secara dini, sehingga pengobatan dapat segera dilakukan. Rima Melati adalah salah satu contoh keberhasilaanya.
Terkadang kita tidak sadar bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh kita, kita tidak mengeluhkan apa-apa, dari self detection juga tidak bermasalah, tapi kadang-kadang dokter atau tenaga medis menemukan sesuatu yang tidak benar di tubuh kita. Contoh yang paling sering adalah tumor didaerah perut, bagi masyarakat awam relatif susah mengetahui adanya maslah di rongga perutnya, dan baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan ke tenaga medis.
Setelah mengetahui ada yang bermasalah, dokter biasanya menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan baik laboratoris maupun radiologis, pemeriksaan yang umum dilakukan adalah Pap smear dan USG, tapi tahukah anda bahwa disamping dua pemeriksaan tadi masih ada pemeriksaan lain yang dapat dipakai untuk melakukan deteksi dini tumor atau yang lebih dikenal sebagai tumor marker?

PETANDA TUMOR
Petanda tumor adalah suatu substansi yang dapat ditemukan dalam tubuh karena adanya kanker, biasanya ditemukan dalam darah atau urine, yang diproduksi langsung oleh sel-sel kanker atau tubuh sendiri sebagai respon terhadap adanya kanker atau kondisi lain. Mayoritas petanda tumor adalah protein.
Petanda tumor ini ada beberapa macam. Beberapa hanya terdapat dalam satu jenis kanker, lainnya bisa terdapat dalam beberapa jenis kanker. Marker ini didaatkan dengan memeriksa darah atau urine menggunakan antibodi manusia yang akan bereaksi dengan protein spesifik dari tumor tersebut.
Petanda tumor ini sangat berguna untuk skrining dan deteksi awal kanker. Skrining digunakan pada pasien sehat yang tidak memiliki keluhan maupun gejala klinis. Sedangkan deteksi awal berarti menemukan kanker pada stadium awal, sebelum penyebaran dan masih berespon baik terhadap pengobatan.
Manfaat kedua dari petanda tumor adalah membantu menentukan jenis kanker dan membantu diagnosis penyebaran tumor ketika tumor primer(asal)nya belum diketahui. Petanda tumor biasanya tidak digunakan untuk mendiagnosis kanker, pada banyak kasus, kanker hanya didiagnosis dengan biopsi.
Petanda tumor juga dapat digunakan untuk menunjukkan agresivitas kanker seseorang atau seberapa baik responnya terhadap obat tertentu. Hal ini mengingat beberapa jenis kanker menyebar lebih cepat dibanding kanker yang lain.
Tumor marker juga digunakan untuk mendeteksi adanya kekambuhan (relaps) kanker setelah terapi. Beberapa wanita yang sudah mendapatkan terapi untuk tumor payudara selama bertahun-tahun, tetap harus melakukan pemeriksaan kadar Ca 15-3. Hal ini kadang dapat mendeteksi berulangnya kanker bahkan sebelum munculnya gejala klinis atau terbukti dari pemeriksaan MRI, pada kasus kanker colorectal, pemeriksaan CEA juga dapat mendeteksi kekambuhan.
Dan yang paling penting dari manfaat petanda tumor adalah untuk monitoring erapi kanker, utamanya pada kanker stadium lanjut. Jika petanda tumor yang diperiksa spesifik dengan jenis kanker, akan sangat mudah untuk mengetahui rspon terapi daripada harus melakukan foto toraks ulang, CT scan, bone scan atau pemeriksaan lain yang relatif lebih mahal. Jika kadar petanda tumor menurun, hampir selalu merupakan indikasi keberhasilan terapi, begitu juga sebaliknya.

PETANDA TUMOR SPESIFIK
Alpha fetoprotein(AFP)
Kadar normal AFP biasanya <20ng/ml. Kadar AFP akan meningkat pada dua dari tiga pasien dengan kanker hati, kadar AFP ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya ukuran tumor. Pada pasien dengan kanker hati, kadar AFP meningkat hingga >500ng/ml tapi perlu diwaspadai pula bahwa kadar AFP juga meningkat pada hepatitis akut dankronis tapi kadarnya jarang melebihi 100ng/ml. Kadar AFP juga meningkat pada kanker testis tertentu dan kanker ovarium tertentu meskipun jarang.
CA 15-3
Petanda tumor ini biasanya digunakan untuk monitoring kanker payudara. Peningkatan kadarnya dijumpai <10% pasien dengan stadium awal dan sekitar 70% pasien dengan stadium lanjut. Kadarnya akan turun seiring dengan berhasilnya pengobatan.
CA 125
Merupakan petanda tumor standar untuk monitoring selama atau setelah terapi kanker epitel ovarium yang merupakan jenis kanker epitel ovarium tersering. Lebih dari 90% wanita dengan kanker ovarium stadium lanjut memiliki kadar CA 125 yang tinggi.
CA 19-9
Sebenarnya petanda ini dikembangkan untuk kanker kolorectal, tapi ternyata lebih sensitif terhadap kanker pankreas. Kadar normal <37 U/ml, kadar yang tinggi pada awal diagnosis menunjukkan stadium lanjut dari kanker.
Carcinoembryonic antigen (CEA)
Petanda tumor untuk monitoring pasien dengan kanker kolorektal selama atau setelah terapi, tetapi tidak bisa dipakai untuk skrining atau diagnosis. Kadarnya bervariasi antar laboratorium, tapi kadar >5ng/ml dapat dikatakan abnormal.
Human chorionic gonadotropin (HCG)
Juga dikenal sebagai beta-HCG. Kadarnya meningkat pada pasien dengan beberapa jenis kanker testis dan ovarium dan kanker choriocarcinoma. Kadar HCG ini dapat membantu diagnosis, monitoring terapi juga mendeteksi berulangnya kanker pasca terapi.
Prostat-specific antigen (PSA)
Adalah petanda tumor untuk kanker prostat. Satu-satunya marker untuk skrining kanker jenis umum. Kadarnya meningkat pada kanker prostat dankadang-kadang pada Benign prostat hiperplasia (BPH). Kadar PSA < 4 ng/ml menunjukkan bukan kanker, kadar >10ng/ml mengindikasikan adanya kanker, sedangkan kadar 4-10 ng/ml merupakan daerah abu-abu dan biasanya perlu dilakukan biopsi atau diperiksakan free PSA, jika free PSA meningkat >25% dari total PSA kemungkinan besar tidak ada kanker prostat, tapi apabila kenaikan free PSA < 10%, kemungkinan terjadi kanker prostat lebih besar.
Jadi apabila anda mempunyai keluhan atau ada riwayat keluarga yang menderita kanker, segera periksakan ke dokter anda. Semoga membantu.

About these ads

20 responses to “Tumor Marker (Petanda Tumor)

  1. mohon penjelasannya mengenai hasil pemeriksaan lab Ca 15-3 dengan hasil 20.5 nilai referensi <21 satuan U/ml

  2. abidfahruddin

    terima kasih, mohon maaf sebelumnya. CA !5-3 terutama di pakai utuk evaluasi kanker payudara, tp bisa juga terjadi pada kanker ovarium. Kadar yang mendekati batas atas perlu dilakukan pemeriksaan ulang sekitar 6 bulan lagi. adanya keluhan dan tanda fisik akan sangat membantu mencari sebabnya. Kondisi pasca operasi juga meningkatkan kadar CA15-3.tks

  3. Salam….
    need info.
    apakah PSA bisa menunjukkan nilai 1045?
    padahal range nya <4.0 ng/ml.

    terima kasih

  4. karena saya menerima hasil lab. bertuliskan PSA 1045.5.

    sangat aneh.

    terima kasih

  5. abidfahruddin

    Prinsipnya semua hasil mungkin. Kembali ke gejala klinis dan pemeriksaan dokter. Yang sangat sensitif adalah pemeriksaan colok dubur atau rectal touche untuk meraba secara langsung prostat. bahkan apabila si dokter sudah sangat ahli, ada penelitian yang mengatakan bahwa pemeriksaan colok dubur ini jauh lebih baik daripada pemeriksaan lab untuk deteksi keganasan.

  6. dokter, mohon dijelaskan apa maksudnya hasil lab CA 15-3 = 9,31 U/ml nilai rujukan < 22 U/ml
    sedangkan hasil lab CEA 1,32 ng/ml nilai rujukan < 5 ng/ml

  7. abidfahruddin

    berarti hasilnya normal pak.

  8. tulisannya bagus,,,

  9. abidfahruddin

    T.eri ma kasih

  10. marthina andriani

    Salam kenal,
    Mohon penjelasan sy kmrn test tumormarker utk CA 15 – 3 ternyata kadarnya naik dibanding 3 bln yg lalu. 3 blnyg lalu kadarnya 12,9 sedang skrg 20,1 jadi apa yg hrs sy lakukan skrg hrs kedr apa bingung dan takut saat ini tolong ya sy takut dngbiaya krn sy skrg sdh tdk bisa mengeluarkan biaya besar lg.terima kasih kl anda bs menolong sy

  11. abidfahruddin

    Petanda tumor sebagian besar bukan untuk diagnostik, tp monitoring utk terapi. Perkembangan kedokteran saat ini sudah sangat bagus, shg kanker pun sudah bisa diobati. Saya rasa ibu harus kembali ke dokter ibu, bicarakan mengenai pilihan2 yg bisa dilakukan. Tetap semangat ya…

  12. Mohon penjelasannya utk hasil CEA 74.56, apakah dr hasil itu bs filibeg stadium berapanya? Ayah sy kena kangker usus besar stadium 4 kata dokter, sebelum diterapi CEA nya 115, setelah satu bulan diterapi CEA nya menjadi 74,56, apakah ini artinya Ada perubahan, tolong infonya, terimakasih

  13. abidfahruddin

    CEA mrp salah satu penanda kanker usus dari bbrp penanda kanker yg lain. CEA memang lebih baik dipakai sbg follow up ato pemantauan pengobatan. Penurunan kadar CEA bisa menunjukkan respon terhadap pengobatan dan sebaiknya terus dipantau kadar CEA sesuai dg dokter yg merawat. Bila kadar CEA turun artinya ada respon baik terhadap pengobatan. Namun faktor lain juga perlu diperhatikan seperti perbaikan klinis (gejala dan besarnya tumor).

  14. Hasil lab CA 15-3 17,46 U/mL nilai rujukan < 25
    CEA 0,67 ng/ml nilai rujukan 5
    Mohon penjelasannya,, terima kasih

  15. abidfahruddin

    Ada yg bisa bantu? Ga terlalu tinggi,tp perlu follow up

  16. lina haris

    saya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman yang saat ini sedang menderita tumor payudara. saat ini juga saya punya tumor dipayudara kanan saya ada 4 dikanan ada 2. segala obat herbal telah saya minum dari suplemen yang katanya bisa mengecilkan/membunuh tumor sampai saya pakai BH elektrik khusus mengecilkan tumor. tapi kayanya ga ada perubahan tuh. sampai akhirnya tetangga saya memberitahukan kepada saya untuk minum air rebusan pohon mangga. kebetulan saya juga searching diinternet mengenai khasiat daun mangga ternyata disitu disebutkan manfaatnya lebih kuat dari benalu teh. akhirnya saya mencari daun benalu mangga dan merebusnya saya campur dengan sirih merah, mahkota dewa, daun sirsak, kunyit putih, dan lingzhi. saya minum setelah buka puasa dan sesudah sahur. oh ya sebelum nya saya tes ca15-3 hasil 19,54 dengan nilai rujukan <25 setelah 2 minggu saya minum ramuan tsb saya test lagi ternyata tes ca15-3 hasilnya 15,87 dari rujukan <25 saya jadi semangat untuk terapi minum rebusan daun benalu mangga. semoga ini juga ada manfaatnya buat teman-teman yang mengalami hal serupa dengan saya.

  17. titir silaen

    CEA 1.06 rujukan 4.6
    CA 15-3 16.0 rujukan < 25 apa yang harus saya lakukan? thx

  18. abidfahruddin

    Normal kan?

  19. Ibu mertua hsl cek lab CEA 1,9 Reff <5 , utk AFP 3,6 reff 6-10, gmna mnurut dokter? ibu mertua megalami Buang air bsr lwt vagina dan anus jg, diagnosa sementara fistel pd kolon,thx

  20. abidfahruddin

    Hasilnya normal, kemungkinan besar memang fistula. Moga2 segera ada perbaikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s