APA WARNA URINE MU ?

Warna urine bisa bermacam-macam, mulai dari bening/jernih hingga kehitaman. Apakah anda pernah mengalaminya? Tulisan ini akan membahas tentang warna urine dan apa saja kemungkinan penyebabnya. Yuk,kita belajar bersama.

Warna urine timbul akibat adanya beberapa bahan seperti porfirin,bilirubin,urobilin,uroethryn dan beberapa bahan kompleks yang belum diketahui isinya. Bahan-bahan diatas sebenarnya adalah produk hasil metabolisme tubuh kita seperti bilirubin adalah produk pemecahan sel darah merah yang sudah tua.

Setiap perubahan warna pada urine dapat menggambarkan adanya perubahan pada komposisi/bahan-bahan pembentuk warna urine. Sebagian besar penyebab perubahan warna urine adalah obat-obatan dan produk turunannya. Kadang-kadang dalam urine juga tampak adanya kabut yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Kabut putih ini bisa terjadi akibat adanya fosfat yang mengendap pada urine yang bersifat basa. Kabut juga bisa muncul akibat adanya nanah pada kasus infeksi saluran kencing karena bakteri atau jamur. Sebab lain adanya kabut adalah lemak yang ikut keluar lewat kencing, adanya lemak ini sering pada penyakit ginjal (sindrom nefrotik) atau kontaminasi dari botol penampung urine. Protein yang keluar dalam jumlah banyak di urine pada orang-orang dengan gagal ginjal,diabetes mellitus atau hipertensi dengan komplikasi juga bisa mengakibatkan adanya kabut pada urine. Kejadian yang jarang adalah kebocoran pembuluh limfe pada kasus filariasis (kaki gajah).

Sekarang kita bahas mengenai warna urine ya, urine yang encer dan dan tak berwarna sering disebabkan poliuria atau produksi kencing yang berlebihan pada penderita diabetes mellitus. Urine berwarna kuning kecoklatan bisa disebabkan adanya bilirubin, adanya obat-obatan seperti Quinine,Fenolftalein,Metildopa dan Nitrofurantoin. Beberapa makanan yang mengandung Karoten (wortel),Vitamin B2 dan Anthrone.

Bagaimana kalo urine kita berwarna coklat kemerahan ? Urine seperti teh ini sangat mungkin akibat adanya hemoglobin atau myoglobin. Hemoglobin adalah produk pemecahan sel darah merah sedangkan myoglobin adalah produk pemecahan sel-sel otot. Obat yang menyebabkan urine coklat kemerahan adalah Fenitoin dan Sulfametoxazole.

Bagaimana kalo urine kita berwarna merah ? Adanya Porphobilin dan Porfirin pada kasus porfiria akibat kelainan genetik menyebabkan kasus urine berwarna merah. Obat Deferoxamine, Rifampisin dan makanan yang mengandung Betanin dan Rhodamin B (es krim) juga bisa menyebabkan urine merah.

Kasus yang jarang adalah urine berwarna hijau, Ini akibat adanya cairan empedu yang masuk ke saluran kencing, obat Amitryptilin dan infeksi oleh kuman Pseudomonas. Urine berwarna biru, sering akibat obat yang mengandung Evans Blue atau Metilen Blue. Sedangkan urine berbuih akibat keluarnya protein lewat urine.

Bagaimana kalau urine berwarna hitam ? Adanya hemoglobin yang banyak pada kasus malaria, melanoma dan alkaptonuria adalah penyebabnya. Obat Levodopa dan Metronidazole serta keracunan zat kimia Fenol juga bisa menyebabkan urine berwarna hitam.

Jadi dari warna urine diatas,kita dapat memperkirakan apa masalah yang terjadi di tubuh kita, tentunya disertai dengan pemeriksaan lain. Semoga bermanfaat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s