CHANGE ! YES, WE CAN !

‘God will not change your destiny unless you do’
Perubahan ! Ya, kata ini memang sering didengungkan oleh banyak orang, dan sekarang kembali ramai didengungkan oleh kandidat presiden Amerika Barack Obama. Tapi bukan hanya di Amerika, di sini pun selama bulan puasa kemarin kita juga melakukan upaya-upaya perubahan, tentunya perubahan untuk menjadi lebih baik. Perubahan memang sesuatu yang harus dan terus dilakukan, tak ada dan tak boleh ada kata berhenti untuk berubah kalau tidak ingin tertinggal dan ditinggalkan kehidupan.
Salah satu yang mungkin juga perlu kita ubah adalah gaya hidup (life style) kita. Gaya hidup (life style) merupakan wujud dari perilaku kita sehari-hari, mulai dari pola diet (makan minum), pola kerja, pola tidur, pola bergaul dan aktivitas lain yang selalu kita jalankan dan menjadi kebiasaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Gaya hidup sehat (healthy life style) ini akan membantu kita dalam menjalani kehidupan kita saat ini maupun nanti saat usia tua. Dengan mempraktikkan gaya hidup (life style) ini, tubuh kita akan sehat, proses penuaan akan dihambat, munculnya kejadian penyakit baik akut maupun kronis akan dapat ditekan dan kualitas hidup kita akan menjadi lebih baik. Sehat dapat diartikan sebagai keadaan sejahtera secara fisik, mental dan social dari seseorang dan bukan hanya keadaan bebas dari penyakit dan kelemahan.
Tentunya terdapat beberapa ukuran keberhasilan pelaksanaan gaya hidup sehat (healthy life style) ini, diantaranya adalah :
1. Semua sistem dalam tubuh bekerja dengan baik dan optimal, ditandai dengan kemampuan untuk menjalankan kehidupan sehari-hari tanpa ada masalah.
2. Kehidupan sosial berlangsung dengan baik akibat dari tidak adanya hambatan-hambatan fisik dan mental dalam menjalankan kehidupan sosial.
Terdapat beberapa unsur yang dapat kita lakukan untuk merubah gaya hidup (life style) kita :
1. Merubah mindset (pola pikir) untuk selalu berpikir positf dan mementingkan gaya hidup sehat (healthy life style) sebagai bagian hidup.
2. Melaksanakan pola makan sehat.
3. Melaksanakan olahraga secara teratur.
4. Melaksanakan kebiasaan-kebiasaan positif.
5. Meditasi (mendekatkan diri pada Tuhan)
6. Melaksanakan kehidupan sosial dengan baik
Kita akan bahas satu persatu gaya hidup sehat (healthy life style) diatas. Bila kita dapat menjalankan semua hal diatas dan menjadikannya kebiasaan baru, kehidupan yang lebih baik akan anda rasakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s