DIET GOLONGAN DARAH BOHONG BESAR ?!

Mungkin anda pernah dengar diet menurut golongan darah, atau malah anda salah satu orang yang mengamalkan panduan diet ini. Ini kabar yang mungkin bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi anda.
Beberapa bulan yang lalu saya ditanya pasien mengenai kebenaran efek diet menurut golongan darah yang ditulis oleh seorang naturopathic Peter D’Adamo. Terus terang saya tidak dapat menjawab dengan tuntas pertanyaan ini. Barulah bulan Oktober kemarin saya membaca artikel dari dr Andrew Weil seorang pioner dalam Integrative Medicine tentang keefektivan diet ini.
Diet menurut golongan darah sendiri didasarkan pada hipotesa bahwa setiap golongan darah membutuhkan diet yang berbeda untuk mendapatkan status kesehatan yang optimal.D’Adamo menulis dengan sangat rinci apa yang harus dan jangan dimakan oleh orang dengan golongan darah tertentu. Memang benar terdapat risiko-risiko penyakit yang berhubungan dengan golongan darah, sebagai contoh :golongan darah A lebih berisiko terkena kanker saluran cerna daripada golongan darah lain, seperti juga golongan darah O yang lebih rentan terkena peptic ulcer (sakit maag) dan kolera.
Pendapat D’Adamo tentang dasar dari perbedaan hal tersebut adalah akibat dari reaksi tubuh kita terhadap lectins yaitu suatu protein tertentu dalam makanan terutama tumbuh-tumbuhan, dan bahan ini yang mungkin terlibat dalam reaksi alergi dan imunologi. Tapi tidak ada bukti kuat tentang adanya interaksi antara lectins dan molekul-molekul yang menyusun dan menentukan golongan darah.
Mungkin anda pernah menemui (atau anda sendiri) yang merasakan manfaat dari diet ini.Ada alasan untuk menjawab hal tersebut. Merubah pola makan bukan hal yang mudah, mengikuti aturan diet ini membutuhkan komitmen kuat dan energi mental hebat untuk meningkatkan kondisi kesehatan, hal itu sudah cukup memberikan perasaan sehat sentosa bagi pelakunya. Your Mind Is The Key

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s