HEALTHY DIET, HEALTHY LIFE

‘What you do today is investment for your life later’
Selanjutnya adalah menerapkan pola diet yang sehat sebagai gaya hidup baru kita. Sejumlah kajian telah membuktikan bahwa menu makanan sehat, dikombinasi dengan aktivitas fisik dan mental yang baik dapat membantu kita untuk bisa hidup sehat dalam waktu lama. Secara teoretis, jumlah zat gizi yang dibutuhkan tubuh berbeda tergantung pada umur, kegiatan, jenis kelamin dan kondisi tubuh saat itu. Kebutuhan gizi anak,dewasa dan masa tua tentu berbeda. Empat Sehat Lima Sempurna adalah dasar diet sehat dan seimbang. Pada usia dewasa dan tua tentunya harus ada pembatasan-pembatasan terhadap diet yang dikonsumsi mengingat kegiatan fisik dan sistem metabolik tubuh sudah menurun. Karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi harus dikurangi jumlahnya. Dr Sanirose Orbeta dari Nutrition Therapy and Diet Clinic di Makati Filipina, menganjurkan untuk mendapatkan 60% dari total kalori didapat dari karbohidrat komplek (nasi, roti, gandum, sereal, jagung), sayuran dan buah.. 10-15% dari daging tanpa lemak dan produk olahan susu rendah lemak, dan 20-25% lagi dari lemak.
Kecukupan kalori untuk menjaga metabolisme tubuh dan aktivitas sehari-hari merupkan salah satu bagian dari diet sehat. Kebutuhan kalori rata-rata sekitar 1500-2000 kalori, akan tetapi juga sangat tergantung dari usia, sex, tinggi badan, berat badan dan aktivitas fisik.
Lemak juga dibutuhkan oleh tubuh, konsumsi yang disarankan adalah 65-80 gram sehari, sedangkan perbandingan karbohidrat dan lemak yang disarankan adalah 4:1. Empat gram karbohidrat dan satu gram lemak. sedangkan jenis lemak yang sebaiknya dihindari adalah lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenis ini akan meningkatkan kadar kolesterol lebih dari makanan apapun yang ada. Contoh lemak jenuh adalah mentega, keju, susu murni (whole milk), krim, daging, unggas, coklat, minyak kelapa, lemak hewan, kuning telur dsb. Dengan semakin bertambahnya usia, makanan seperti ini harus dihindari aau dibatasi jumlahnya (tidak lebih dari 20 gram sehari). Begitu pula lemak trans, yang berasal dari minyak hasil hidrogenasi (hidrogenaed oils) yang dapat meningkakan kadar kolesterol ‘jahat’ dan menurunkan kadar kolesterol ‘baik’ harus dihindari. Lemak tak jenuh ganda (poly-unsaturated fat)memberi efek menurunkan kadar kolesterol darah, akan tetapi lemak jenis ini juga membentuk bahan oksidan yang membuat plak lemak dalam pembuluh darah menimbun lebih cepat sehingga mempersempit pembuluh darah arteri. Plak yang membuntu inilah yang akan menimbulkan serangan jantung maupun stroke.
Lemak yang disarankan untuk dikonsumsi adalah lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat ) yang berfungsi membantu menurunkan kadar koleserol dalam darah. Minyak zaitun, minyak kanola dan kacang-kacangan adalah beberapa contoh jenis lemak ini.
Kadar protein baik protein nabati maupun hewani juga harus ada dalam menu sehari-hari kita. Protein ini banyak terdapat dalam berbagai jenis lauk pauk, seperti daging, tahu tempe maupun berbagai jenis ikan. Semua jenis sayur-sayuran juga mengandung bahan protein nabati, konsumsi rutin sayuran ini tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebuuhan proein, tapi juga vitamin dan mineral.
Buah-buahan juga penting dalam daftar menu kita, buah akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak diproduksi oleh tubuh kita. Kadar serat yang tinggi dalam makanan telah terbukti mengurangi risiko sembelit dan dan berbagai penyakit usus termasuk kanker usus. Serat yang disarankan untuk dikonsumsi sekitar 25-30 gram serat dari berbagai makanan.
Kebutuhan akan cairan juga harus kita penuhi. Memilih jenis minuman yang dapat dipertanggungjawabkan kebersihannya adalah mutlak. Kekurangan cairan akan menimbulkan dehidrasi yang dapat berakibat mulai dari berkurangnya konsentrasi hingga kematian.
Kita juga harus berhati-hai terhadap berbagai makanan maupun minuman olahan. Cobalah untuk menghindari makanan dan minuman yang
• beracun (mengandung logam berat, beberapa kali ditemukan di ikan laut, susu bermelamin dan turunannya )
• karsinogenik, mengandung benzene, berpengawet, bermelamin.
• terkontaminasi patogen seperti E.coli (penyebab diare), S. Typhi (penyebab thypus) dsb.
• minuman beralkohol dan bebas kafein.
• makanan dan minuman berpengawet.

Diet sehat ini adalah investasi emas untuk kehidupan anda nanti. Jadi jangan tunda lagi!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s