PROBIOTIK BELUM DISETUJUI FDA ?!

Bulan kemarin saya mengikuti seminar yang diadakan salah satu pabrik farmasi di salah satu hotel terkenal di Surabaya. Farmasi ini memang sedang gencar mempromosikan salah satu produk barunya berupa probiotik. Pesertanya cukup banyak, bahkan sejawat dari luar kota pun banyak yang hadir. Wajar memang mengingat pembicaranya bukan orang sembarangan. Sebagian besar pembicara adalah dokter anak, yang juga beberapa adalah guru besar di bidangnya masing-masing. Disamping itu juga ada pembicara cantik dari luar negeri, bukan hanya cantik, dia juga seorang peneliti yang sedang menyelesaikan program PhD nya. Dan obyek penelitiannya adalah probiotik. Klop sudah !.

Dalam sesi tanya jawab, banyak sekali pertanyaan yang muncul dari peserta seminar. Tapi saya tertarik ketika salah seorang pembicara, dosen dan konsultan gastroenterologi anak, mengungkapkan pernyataan yang mengagetkan saya, Probiotik sampai saat ini masih belum di-approve oleh FDA. Heran, dengan penggunaan saat ini yang begitu luas, dengan manfaat yang begitu banyak, FDA ternyata belum mau meng-approve obat ini.

Dengan rasa penasaran yang begitu besar, saya browsing ke situsnya FDA di www.fda.gov , saya mencoba mencari daftar obat yang mengandung probiotik maupun isi dari probiotik itu di situs ini. Saya mencoba mencari tapi tetap tidak menemukan approval dari FDA ini. Di situsnya, FDA hanya mencantumkan beberapa penelitian tentang probiotik ini. Cukup banyak memang, tapi tetap saja belum menemukan approvalnya (bila temen-temen ada yang sudah menemukan probiotic approval, kabari ya ! ). Menurut pembicara tadi, mungkin FDA masih membutuhkan banyak sampel dengan populasi yang lebih luas. Disamping itu, penggunaan mikroorganisme sebagai bahan aktif obat ini juga masih butuh penelitian yang lebih lama mengenai efeknya terhadap manusia terutama efek terhadap gen manusia.

Lalu, gimana menyikapi hal ini ? Pembicara tadi tetap menyarankan penggunaan probiotik menurut indikasinya. Mengingat manfaat probiotik yang begitu banyak, bukan hanya untuk kasus diare bahkan untuk kasus-kasus alergi pada anak dan dewasa pun, probiotik dapat diberikan. Jadi ga usah ragu pakai probiotik? Bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s