Menipu, China Daftar Hitamkan 25 Situs Penjual Obat

Pihak berwenang China mendaftarhitamkan 25 situs yang selama ini dijadikan tempat penjualan obat karena melakukan penipuan.

Seperti dilansir dari Antaranews.com, Rabu (11/3/2009), menurut juru bicara Adminsitraso Makanan dan Obat Negara (SFDA) Yan Jiangying, black list dilakukan karena obat-obatan tiruan sangat membahayakan publik.

“Dan kami akan terus melakukan pemberantasan usai kasus ini,” kata Yan, di Beijing.

Para konsumen diperingatkan terhadap pembelian obat-obatan dari sejumlah organisasi termasuk Akademi Penelitian Penyakit Kardiovascular Internasional (www.bayer120.com.cn) dan Pusat Diabetes Institut Pengobatan Biologi Internasional China (www.ydjht.com).

Obat-obatan yang di jual melalui situs tersebut diklaim mampu menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit kulit, diabetes, serta sejumlah penyakit kronis lainnya.

Peringatan yang dilakukan pihaknya tersebut, kata Yan melanjutkan, merupakan yang pertama dilakukan tahun 2009.

Yan mengatakan situs-situs tersebut telah dilaporkan ke Kementrian Industri dan Teknologi Informasi, yang dikatakan sedang dalam penyelidikan. Situs-situs tersebut dapat saja ditutup.

Dia mengatakan pula bahwa obat-obatan palsu melalui situs telah merajalela, dan mendesak masyarakat membeli obat-obatan hanya melalui situs oleh administrasi bisnis farmasi online.

Seorang pria yang mengidentifikasikan namanya Yang, dan yang mengaku seorang dokter, menjawab panggilan telepon yang tercatat di http://www.bayer120.com.cn, dan mengatakan dirinya tidak menerima perintah penutupan situsnya.

Sebuah daftar yang berisikan 25 situs daftar hitam telah tersedia di situs SFDA, http://www.sfda.gov.cn, serta memiliki sebuah daftar 11 situs obat-batan yang terdaftar di China.

Di ambil dari http://www.tvone.com

One response to “Menipu, China Daftar Hitamkan 25 Situs Penjual Obat

  1. abidfahruddin

    Agar kita hati-hati pake obat cina…tetap ada efek sampingnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s