Amankah Abate untuk Manusia

Salah satu materi kampanye pemberantasan demam berdarah adalah penaburan bubuk abate ke tempat-tempat penampungan air minum. Amankah tindakan ini?

Abate adalah nama dagang dari temephos, yaitu insektisida golongan organofosfat yang digunakan untuk memberantas jentik nyamuk. Penggunaannya pada tempat penampungan air minum telah dinyatakan aman oleh WHO dan DepKes RI.

Beberapa alasan mengapa abate dianggap aman bagi tubuh antara lain :

Pada percobaan, seekor tikus jantan baru akan mati jika mengkonsumsi abate sebanyak 8, 6 gr abate / kg berat badan tubuhnya. Pada manusia yang mempunyai berat badan 10 kg (orang dewasa rata-rata 50 kg) mungkin baru akan meninggal jika mengkonsumsi 86 gr abate.

Dosis abate yang dibutuhkan untuk membunuh jentik nyamuk dalam air minum adalah 10 gr untuk 100 liter air. Untuk mencapai kadar 86 gr abate, dibutuhkan 860 liter air.

Jadi, seorang manusia berberat badan 10 kg (balita) baru akan meninggal jika mengkonsumsi sebanyak 860 liter air mengandung abate dengan dosis sesuai aturan pakai.

Dan untungnya lagi, tidak seperti DDT (dikloro difenil tetrakloroetana), abate tidak terakumulasi di dalam tubuh.

Sebenarnya, setelah ditaburkan, bubuk abate akan segera menempel di dinding penampung air, sehingga kadarnya di dalam air minum lebih rendah dibanding di dinding penampung air. Daya tempelnya mampu bertahan 2 sampai 3 bulan.

Abate sebaiknya hanya diaplikasikan pada wadah penampungan air yang sulit dan jarang dikuras. Pada penampungan air yang bisa dikuras sekali seminggu, tidak perlu diberi abate, karena jentik nyamuk juga keburu tewas saat pengurasan (perkembangan dari telur sampai nyamuk dewasa butuh waktu sekitar 9 hari
Sumber http://www.wartamedika.com

One response to “Amankah Abate untuk Manusia

  1. selamat deh Dok…asyik tuh blognya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s